Rabu, 14 Desember 2011

Dinas Perindagkop Bina Home Industry

PELOPOR, POSO, Pembinaan dan Pelatihan Kolektif Home Industry Kab. Poso tahun 2011 dibuka oleh Ibu Rusnah Mangun, selaku Kepala Dinas Koperasi, UMKM, Perindustrian dan Perdagangan Kab. Poso, menyampaikan bahwa dirinya berharap para peserta yang hadir dalam acara ini untuk terus berproduksi. Karena semua acara pelatihan yang diadakan ini nantinya akan dievaluasi oleh DPRD Kab. Poso dan Pemerintah Kab. Poso. Jika industri yang telah dibiayai oleh pemerintah ini tidak berproduksi, maka Dinas Koperasi, UMKM, Perindustrian dan Perdagangan Kab. Poso yang akan disalahkan.

Dinas Koperasi, UMKM, Perindustrian dan Perdagangan Kab. Poso akan terus mendorong home industry untuk berproduksi. Oleh karena itu, akan dipersiapkan pasar tersendiri khusus barang-barang hasil produksi industri rumah tangga. Pemerintah juga sudah membangun sentra oleh-oleh Kab. Poso agar penjualan hasil produksi tersebut terus meningkat.

Di samping itu, Bpk. Zakarudin, M.Si (Trainer/Wiraswasta/Pensiunan PNS pada Universitas Tadulako) menyampaikan bahwa Pemerintah Kab. Poso melalui Dinas Koperasi, UMKM, Perindustrian dan Perdagangan Kab. Poso telah berupaya untuk mendorong industri rumah tangga ini maju. Bantuan-bantuan tersebut seperti pemberian pelatihan terhadap 200 orang pelaku industri rumah tangga, memberikan peralatan, memberikan modal dan lain-lain.

Oleh karena itu, pihaknya tidak akan berhenti mengingatkan dan membangunkan para peserta dari ''tidur''. Mulai bekerja dan produksi, karena semua ini didanai oleh uang dari rakyat Kab. Poso sendiri. Sungguh berdosa jika kita malah berpangku tangan dan membuang kesempatan dan keterampilan yang ada.

Setelah pulang dari pelatihan ini, para peserta dituntut untuk membagi ilmu dan meneruskan pengetahuan yang didapat kepada orang lain yang tidak memiliki kesempatan untuk itu. Kemudian meminta kepada para peserta untuk memberikan laporan tertulis kepada Kepala Dinas Koperasi, UMKM, Perindustrian dan Perdagangan Kab. Poso. Hal ini guna mengetahui perkembangan industri yang telah dijalani oleh para peserta.

Tujuan dirinya berdiri disini untuk memperkuat masing-masing individu dari para peserta. Dengan demikian, peluang menjadi pengusaha sukses semakin terbuka lebar. Karena menjadi pengusaha sukses selalu dimulai dari bawah dan usaha kecil.

Acara ini diadakan oleh Dinas Koperasi, UMKM, Perindustrian dan Perdagangan Kab. Poso dan dihadiri oleh sekitar 200 orang peserta. Para peserta ini berasal dari Kec. Poso Kota Bersaudara, Kec. Poso Pesisir Bersaudara dan Kec. Lage

Tidak ada komentar:

Posting Komentar