Selasa, 10 Mei 2011

KREDIBILITAS KONTRAKTOR LOKAL TIDAK DIRAGUKAN

PELOPOR, POSO, Dalam proyek pembangunan yang bersakala nasional, kontraktor lokal terkadang dipandang sebelah mata oleh kontraktor dari luar daerah. Menurut beberapa kalangan warga, kurang memiliki kemampuan dalam setiap melaksanakan paket pekerjaan yang dianggap besar anggarannya. Tetapi kenyataannya penilaian itu tidak benar adanya, karena menurut masyarakat Kab. Poso, seperti yang dicontohkan oleh salah seorang tokoh masyarakat Kel. Lawanga bahwa pekerjaan yang dilaksanakan kontraktor dari Sulteng malah dinilai lebih berkualitas dibanding kontraktor dari luar Sulteng, yang selama ini melakukan pekierjaan proyek tersebut.

Salah satu contoh pekerjaan yang dilaksanakan oleh PT. Tamisya Utama, proyek pembagunan dermaga tahap dua Pelabuhan poso. Pekerjaan tersebut dinilainya sangat berkualitas dibandingkan dengan pembagunan tahap satu. Masyarakat pelabuhan sempat merasa khawatir terhadap kualitas pekerjaan ini. Salah satu perbandingan yang perlu menjadi pertimbangan pusat ketika masih ada lanjutan pekerjaan di Kab. Poso.

Pernyataan masyarakat Poso perlu menjadi catatan bagi pemerintah pusat dalam hal pengadaan barang dan jasa. Sehingga pada masa yang akan datang, tidak ada lagi perbedaan antara kontraktor pusat dan daerah. Hal ini perlu diluruskan bersama-sama ungkapya kepada Pelopor pekan lalu.

Tuturnya lagi, pembangunan dermaga pelabuhan Poso merupakan salah satu proyek yang perlu didukung suluruh elemen masyarakat. Karena proyek seperti ini hanya terjadi sekali turun di Kab. Poso. Kalau masyarakat sendiri yang tidak merespon secara baik, maka akan menimbulkan penilaian kurang bagus terhadap Kab. Poso. Di sisi lain masyarakat selalu menutut agar di Kabupaten poso dilakukan percepatan pembangunan, pasca tragedi kemanusian lalu. Ketika turun proyek tersebut, masyarakat sendiri yang tidak mau membuka hati dan pikirannya, hanya menuntut hak saja. Tetapi kewajiban tidak dilaksanakan, maka perlu kita sadari bersama.

Proyek baru dilaksanakan sudah timbul isu yang kurang sedap dengan ada pelaksanaan proyek pembangunan dermaga itu. Padahal kalau kita mau menilai secara obyektif, hasil pekerjaan tersebut bila dibandingkan dengan proyek yang dilaksanakan oleh kontraktor dari luar. Karena sudah dibuktikan oleh PT. Tamisya Utama bahwa pekerjaan yang dilakukannya lebih baik daripada kontraktor dari luar. Sehingga saya menepis anggapan proyek ini kurang bagus, mari kita coba bandingkan bersama-sama?
Saya menilai ada pihak-pihak yang kurang mendukung dengan adanya proyek ini. Hal itu dikarenakan mereka mau juga ikut melaksanakan proyek tersebut, tetapi tidak mau ikut berusaha. Maka dengan segala macam cara menjatuhkan nama baik pelaksana proyek tersebut.

Masyarakat Poso perlu lebih hati-hati dalam melihat suatu permasalahan dan harus berlaku obyektif dalam menilai. Agar tidak terbalik dalam melihat kenyataan yang ada. Hal ini perlu dicamkan oleh segenap elemen bangsa Indonesia, kuncinya. elg

1 komentar:

  1. Pak mohon informasinya, untuk berhubungan dengan perusahaan PT Tamisya Utama saya bisa berhubungan dengan Bapak/Ibu siapa ya? Salam Yokky PT Tan Energy Indonesia Phone : 081321416112 email : yokky@taneko.co.id atau yokkydwirananda@gmail.com

    Thanks

    BalasHapus