Senin, 31 Oktober 2011

Gubernur Sulawesi Tengah Pimpin Pembukaan Festival Danau Poso ke-14

PELOPOR, POSO, Arena Festival Danau Poso (FDP) ke-14 pada sore itu terlihat ramai akan masyarakat. Pembukaan FDP kali ini dipimpin oleh Gubernur Sulawesi Tengah yang tiba di tengah-tengah para peserta festival.

Sua'ib Djafar, Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Tengah/Ketua Panitia FDP ke-14, dalam sambutannya menyampaikan bahwa tema yang diangkat dalam FDP ke-14 ini adalah ''Rajut Kebersamaan dan Wujudkan Sapta Pesona''. Tema ini juga dilaksanakan dengan semangat ''Sintuwu Maroso'' karena diadakan di Kab. Poso.

Adapun peserta yang mengikuti FDP ke-14 berasal dari Kab. Poso, Kab. Parimo, Kab. Sigi, Kab. Donggala dan Kota Palu. Jumlah peserta secara keseluruhan berjumlah 531 orang.

Piet Inkiriwang, selaku Bupati Poso, dalam sambutannya mengucapkan terima kasih dan selamat datang kepada undangan yang telah hadir di FDP ke-14 ini. Selaku tuan rumah, Kab. Poso memohon maaf jika ada kekurangan dan kesalahan dalam pelaksanaan FDP ke-14 ini. Silahkan menikmati suasana dan kondisi dari Tentena ini.

Adapun Longki Djanggola (Gubernur Sulawesi Tengah) menyampaikan terima kasih kepada Kab. Poso sebagai tuan rumah FDP ke-14 ini dengan didukung situasi dan kondisi masyarakat yang sudah semakin kondusif.

Pariwisata Sulawesi Tengah memang ketinggalan dibandingkan dengan Sulawesi Selatan dan Sulawesi Utara. Kami juga sudah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan pariwisata Sulawesi Tengah. Salah satunya adalah dengan mengikuti berbagai macam pameran promosi yang ada. Diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan baik domestik maupun internasional sebanyak 7,7 juta wisatawan, ucapnya.

Sulawesi Tengah ini memiliki banyak sekali potensi wisata yang harus lebih dieksploitasi, misalnya potensi wisata budaya, potensi wisata petualangan dan potensi wisata alam. Kemudian pemerintah dan swasta bekerja sama dalam mengelola potensi ini dan menyelenggarakan event-event budaya. Dengan demikian, pariwisata di Sulawesi Tengah mengalami kemajuan, imbuhnya.

Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah terus berupaya untuk pembangunan infrastruktur, pengelolaan objek jek wisata yang lebih profesional dan pembangunan akses jalan masuk tempat wisata. Pihaknya juga sudah bertemu dengan Menteri Perhubungan RI terkait pembukaan bandara di Kab. Touna dan Kab. Morowali, ungkapnya.

Pihaknya juga akan meningkatkan kualitas acara dari FDP setiap tahunnya. Pada kahirnya, semoga acara ini dapat berjalan tertib dan lancar. Kemudian para peserta dapat bersaing secara sportif, pesannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar