Selasa, 10 Januari 2012

PMI GELAR MUSYAWARAH KERJA CABANG KAB. TOUNA

PELOPOR, TOUNA, Bertempat digedung Beringin Ampana pada hari jumat tanggal 23 desember 2011, organisasi Palang Merah Indonesia (PMI) cabang Tojo Una Una melaksanakan suatu kegiatan musyawarah kerja dan sekaligus pemberian tanda penghargaan dari ketua umum pengurus pusat kegiatan jumbaran di Gorontalo Nasional ke-7 tahun 2011. Musyawarah kerja yang dilaksanakan saat ini di ikuti oleh 63 orang peserta yang semuanya terdiri dari 11 orang pengurus cabang, 36 orang pengurus ranting dan 16 orang KSR. Adapun tema yang diangkat adalah: “Melalui Mukerkab kita tingkatkan mutu kesiapan kesiagaan dalam penanggulangan bencana demi lancarnya pembangunan daerah yang berkelanjutan.”

Palang Merah Indonesia (PMI) adalah organisasi NIRLABA (Non Profit Organization) yang melaksanakan tugas kemanusian yang bersifat universal, berazas perikemanusiaan berdasar suka rela dan bertujuan untuk meringankan penderitaan sesama manusia sebagai mahluk ciptaan TYME tanpa memandang apapun sebabnya, tanpa membedakan suku, bangsa, bahasa, agama, warna kulit, jenis kelamin, yang juga sebagai satu-satunya organisasi Palang Merah yang disahkan dengan Kepres Nomor 25 T ahun 1950 dan Kepres No.246 Tahun 1963.Serta sebagai anggota Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasi onal maka keberadaan anggota dalam PMI sangat penting karena itu merupakan sumberdaya dalam mencapai tujuan yang diharapkan. Untuk PMI Kab.Tojo Una Una yang terbentuk pada tahun 2007 dan dilantik oleh ketua pengurus cabang pada tanggal 10 Agustus 2007 sesuai dengan surat Keputusan Pengurus Daearah PMI Sulawesi Tengah nomor 128/Kep/PD-PMI-ST/VIII/2007 tanggal 2007 tanggal 4 Agustus 2008 tentang pengesahan Pengurus Cabang PMI Tojo Una Una Masa Bhakti 2007-2012 dan telah mendapat pengukuhan pengurus pusat PMI nomor 112/Kep/PP-PMI/VI/2009 tanggal 22 Juni 2009.

Dalam sambutan yang dibawakan oleh ketua PMI cabang Tojo Una Una Ibu Mahira Tanda.SH disampaikan bahwa dalam pelaksanaan kegiatan PMI di Kab.Tojo Una Una tentunya tidak terlepas dari berbagai kendala dan masalah yang sering ditemui dilapangan namun semuanya itu bisa dilalui dan dikerjakan sesuai dengan program yang telah ditetapkan sebelumnya yang juga disesuaikan dengan kemampuan yang dimiliki. Adapun masalah yang dihadapi sampai sekarang adalah kurangnya respon mayarakat untuk menjadi donor darah sukarela (DDS) dan senantiasa melalukan upaya-upaya yang mendorong peran aktif masyarakat untuk mau menjadi DDS melalui moment-moment tertentu seperti pada peringatan hari kesehatan yang biasa diisi dengan kegiatan-kegiatan bakti social dan momement seperti ini bisa menjadi ajang yang tepat untuk bisa juga menggalang rasa simpati dan kebersamaaan dari setiap masyarakat melalui kegiatan donor darah dan juga pemeriksaan kesehatan gratis bagi masyarakat yang benar-benar membutuhkan.Melalui pelaksanaan kegiatan musyawarah ini juga diharapkan semoga dapat menghasilkan rencana-rencana kerja kedepan yang lebih baik, efektif dan efisien sesuai dengan apa yang menjadi kebutuhan masyarakat dikabupaten Tojo Una Una dengan mengutip apa yang dikatakan oleh bapak Yusuf Kalla sebagai ketua umum PMI sebagai berikut “jangan bangga sebelum menjadi donor darah.

Dalam sambutannya yang dibawakan mewakili bupati Tojo Una Una sebelum membuka secara resmi musyawarah kerja kabupaten (Mukerkab) PMI cabang Tojo Una Una tahun 2011, bapak Asst I Ir.Munawar Mapu atas nama pemerintah daerah menyampaikan terimakasih dan mendukung penuh pelaksanaan kegiatan ini terlebih kepada para peserta atas kehadirannya diforum yang sangat penting ini. Mengingat perkembangan dan pelaksanaan tugas Palang Merah kedepan akan semakin berat dan kompleks, yang tentunya juga akan menuntut pengabdian dan kerja keras demi tercapainya pelayanan kemanusiaan yang optimal secara menyeluruh kepada semua lapisan masyarakat yang membutuhkan bantuan dan pertolongan yang cepat tanpa mengharapkan pamrih atau imbalan.

Untuk itu diharapkan sebagai salasatu organisasi yang memiliki satu tujuan utama yaitu membantu dan memberikan pertolongan kepada sesama yang mengalami musibah/bencana malapetaka, kiranya PMI akan dapat terus berupaya meningkatkan kinerja dan mutu SDMnya dibidang pelayanan kemanusiaan palang merah khususnya di kabupaten Tojo Una Una. Diharapkan juga pelaksanaan kegiatan Pelayanan Kemasyarakatan salasatunya pelayanan darah yang dikelola melalui unit pelaksana teknis PMI dapat dilaksanakan dengan baik dimana pelayanan darah juga merupakan salasatu kegiatan integral dari pelayanan kesehatan yaitu seluruh pengurus PMI disetiap tingkatan administrasi seperti dinas kesehatan dan RSU melalui kegiatan transfusi darah. Karena pelayanan transfusi darah juga harus diintegrasikan dengan standart pelayanan minimal yang disusun oleh dinas kesehatan dan rumah sakit umum daerah.

Ditambahkan juga bahwa pelayanan kesehatan merupakan suatu kewenangan wajib yang harus dipenuhi dan dilaksanakan, untuk itu diharapkan di setiap wilayah wajib mengalokasikan biaya untuk pelayanan darah. Selain itu juga pada tatanan pendidikan beliau juga meminta agar lebih diperhatikan kegiatan ekstrakurikuler yang lebih diarahkan kepada Palang merah Remaja (PMR) dan Unit Kesehatan sekolah (UKS).

Untuk itu agar kegiatan Palang Merah seperti ini bisa benar-benar diaktifkan sehingga kedepan bisa dinikmati oleh semua kalangan termasuk juga para remaja dilingkungan pendidikan. Khusus untuk dinas social, Dinas tenaga kerja, serta Badan penanggulangan bencana kab.Tojo Una Una agar dalam penanggulanan bencana nantinya bisa saling berkoordinasi dan bekerja sama dengan PMI. Sehingga nantinya dapat memaksimalkan segala upaya dan usaha dalam penanggulangan bencana yang mungkin setiap saat bisa saja terjadi.
Sebelum menutup sambutannya beliau juga sangat mengharapkan semoga melalui kegiatan Mukerkab Tojo Una Una yang dilaksanakan saat ini nantinya akan dapat menghasilkan beberapa program kerja terbaru yang bisa disepakati dan juga didukung secara bersama dalam suasana yang harmonis sesuai dengan tema yang emban oleh PMI dan juga nantinya akan dapat memberikan suatu perubahan yang lebih baik lagi dalam tatanan kinerja PMI kabupaten Tojo Una Una dalam menjalankan tugas-tugas kemanusiaan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar