Sabtu, 24 Maret 2012

Pelantikan Pejabat Struktural Eselon III dan IV

PELOPOR, TOUNA, Pelantikan Pejabat Struktural Eselon III dan IV yang berlangsung di ruangan Wakil Bupati Tojo Una Una berlangsung pada hari selasa 6 maret 2012.Sebanyak tujuh (7) orang pejabat struktural yang dilantik dengan jumlah pejabat eselon III, satu orang dan pejabat eselon IV sebanyak enam (6) orang. Ucapan selamat kepada para pejabat yang baru saja dilantik diucapkan dalam sambutan Bupati Tojo Una Una yang dibacakan oleh Bapak Bapak Wakil Bupati Tojo Una Una Jamal Djuraedjo,S.Sos,M.Si Beliau juga mengingatkan bahwa jabatan yang diemban merupakan sebuah amanah dan bentuk kepercayaan pimpinan yang harus dijaga dan dilaksanakan dengan sebaik – baiknya, penuh tanggung jawab, serta meningkatkan kreatifitas dan kinerja dalam kebersamaan dan terkoordinasi dengan baik bersama jajaran masing – masing sesuai dengan fungsi dan tugas pokok.

Pelantikan Pejabat Eselon III dan IV merupakan suatu kebutuhan guna menjawab tantangan dan dinamika pembangunan di Kabupaten Tojo Una Una sekaligus proses penyegaran organisasi. Hal ini juga merupakan bentuk pembinaan karir kepegawaian yang diharapkan dapat berdampak positif pada peningktan kinerja di satuan kerja masing – masing. Melalui peralihan tugas ini Beliau mengharapkan agar para pegawai memiliki pengalaman kerja variatif yang akan bisa menambah perbendaharaan wawasan untuk bekal ketika nantinya diberikan amanah yang lebih besar lagi.Kembali Beliau menegaskan bahwa mutasi jabatan ini telah dipertimbangkan dengan matang serta melalui proses Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan ( Baperjakat ) dengan berpijak pada aturan kepegawaian yang berlaku. Selain itu pula mutasi ini telah mempertimbangkan situasi, kondisi, serta tantangan yang berubah – ubah sehingga harus bisa disesuaikan dengan dinamika yang berkembang. Selanjutnya diminta kepada para pejabat yang baru dilantik untuk memperhatikan beberapa hal berikut ini :

Yang pertama, untuk segera melakukan konsolidasi dengan setiap pegawai di satuan kerja masing – masing sehingga perubahan komposisis jabatan tidak mengganggu kinerja, namun justru sebaliknya bisa meningkatkan semangat kerja para pegawai / staf di lingkungan kerja yang baru.

Yang kedua, mempelajari dan memahami tupoksi serta lingkungan kerja masing – masing secara cepat dan akurat sehingga proses adaptasi pegawai dapat berjalan secara cepat pula

Yang ketiga, selalu mengembangkan skill dan seni kepemimpinan sehingga bisa mengoptimalkan potensi sumber daya manusia ( pegawai ) di satuan kerja masing – masing dalam rangka untuk meraih capaian kinerja. Senantiasa mendorong dan membimbing setiap pegawai / staf agar bisa mengembangkan kemampuannya dalam melaksanakan kerja secara optimal.

Dan yang keempat, yakni yang terakhir adalah senantiasa menciptakan lingkungan dan budaya kerja yang kondusif sehingga setiap pegawai merasa nyaman bekerja dibawah kepemimpinan pejabat yang baru.
Terakhir Beliau sampaikan sekiranya janganlah seorang pimpinan menimbulkan sengketa antar pribadi atau kelompok yang dapat menimbulkan perpecahan di satuan kerjanya. Diharapkan agar para pimpinan bisa membangun jiwa kepemimpinan dan dapat menjadi panutan dan mengabdi terhadap bangsa dan negara dengan arif dan bijaksana, serta melanjutkan pengabdiannya terkhusus bagi masyarakat Tojo Una Una

Tidak ada komentar:

Posting Komentar