Sabtu, 24 Maret 2012

Program Pembangunan Tahun 2012 Kab. Poso

PELOPOR, POSO, Pembangunan di Kab. Poso sudah saatnya terus maju, bukannya stagnan. Hal ini perlu didukung dengan program pembangunan yang matang. Bpk. Isnain T.H. Karim selaku, Asisten III Administrasi Umum Pemerintah Kab. Poso menyampaikan bahwa program-program pembangunan pada tahun 2011 lalu, tidak jauh berbeda dengan program pembangunan pada tahun sebelumnya.

Semua program tersebut harus sesuai dengan visi dan misi pembangunan daerah Kab. Poso dan sesuai dengan visi dan misi pembangunan nasional. Kemudian juga harus sejalan dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat.

Namun, Pemerintah Kab. Poso menyadari bahwa program-program ini belum dapat menyentuh semua elemen masyarakat sekaligus. Meskipun Pemerintah Kab. Poso juga sudah menjalankan program-program di segala bidang. Pelaksanaan pembangunan sepanjang tahun 2011 sudah cukup baik. Akan tetapi, masih harus didukung dengan pengawasan yang baik pula.

Hambatan lainnya adalah desa-desa belum dapat menentukan skala prioritasnya dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes). Maka yang terjadi adalah pembangunan berdasarkan keinginan bukan berdasarkan kebutuhan. Pada akhirnya, menciptakan daftar anggaran belanja yang ambisius.

Kemampuan belanja daerah saat ini masih terbatas, maka belum dapat terpenuhi seluruhnya. Pada saat ini, anggaran belanja daerah sudah cukup baik sebesar 300-400 miliar. Padahal 5-6 tahun yang lalu, anggaran tersebut masih 100-200 miliar, sedangkan program-program yang diajukan masyarakat mencapai mencapai 1 miliar, ungkapnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar