Sabtu, 24 Maret 2012

Sumpah Jabatan dan Pelantikan Pejabat Eselon II, III, dan IV

PELOPOR, TOUNA, Ucapan selamat diberikan oleh Bapak Bupati Tojo Una Una Drs.Damsik Ladjalani kepada para pejabat yang baru saja dilantik yang berjumlah 94 ( sembilan Puluh empat ) orang , mereka terdiri dari pejabat eselon II sebanyak 4 ( empat ) orang, pejabat eselon III sebanyak 20 ( dua puluh ) orang,dan pejabat eselon IV sebanyak 70 ( tujuh puluh ) orang. Acara pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan pejabat eselon di lingkungan pemerintah Kabupaten Tojo Una Una ini berlangsung di ruang auditorium Kantor Bupati Tojo Una Una pada hari jumat, tanggal 24 februari 2012. Disampaikan bahwa jabatan yang diemban ini merupakan sebuah amanah dan bentuk kepercayaan pimpinan yang harus dijaga dan dilaksanakan dengan sebaik – baiknya, penuh tanggung jawab, serta untuk meningkatkan kreatifitas dan kinerja dalam kebersamaan dan terkoordinasi dengan baik bersama jajarannya sesuai dengan fungsi dan tugas pokok masing – masing.

Pelantikan pejabat eselon ini merupakan suatu kebutuhan guna menjawab tantangan dan dinamika pembangunan sekaligus sebagai proses penyegaran organisasi. Hal ini juga merupakan bentuk pembinaan karir kepegawaian dengan harapan positif guna peningkatan kinerja di satuan kerja masing – masing. Dengan peralihan tugas sekiranya para pegawai bisa memiliki pengalaman kerja yang variatif untuk menambah wawasan. Selaku kepala daerah Beliau juga menghimbau agar seorang pemimpin jangan sampai menimbulkan sengketa antar pribadi atau kelompok yang dapat menimbulkan perpecahan disatuan kerjanya, sekiranya mereka dapat memberi pencerahan kepada bawahannya, dengan menjadi panutan dan mengabdi terhadap bangsa dengan arif dan bijaksana Lanjut Beliau sampaikan dalam rangka kenaikan pangkat akan dibahas melalui badan pertimbangan jabatan dan kepangkatan.

Bila ditemukan ada yang melanggar disiplin sesuai dengan ketentuan PP 53 tahun 2012 tentang disiplin PNS,maka tidak boleh dinaikkan pangkatnya.Kekurangan telah dipenuh ioleh karenanya mereka harus memahami pekerjaaannya.Begitupun dengan pengawasan yang harus diperketat ada yang meminta petunjuk terkait dengan proyek tertentu, namun setelah diberi petunjuk malah meminta untuk membatalkan pemenang tender,sama saja staf yang demikian ini mau menjebak Bupati.

Ditekankan pula kepada seluruh pejabat yang baru dilantik, untuk memperhatikan beberapa hal berikut ini ;
Pertama, segera melakukan konsolidasi dengan setiap pegawai di satuan kerja masing – masing agar perubahan komposisi jabatan ini tidak menganggu kinerja, namun dapat meningkatkan semangat kerja para pegawai / staf di lingkungan kerja yang baru.
Kedua, Pelajari dan fahami tupoksi serta lingkungan kerja masing – masing secara cepat,tepat dan akurat sehingga proses adaptasi pegawai bisa berjalan secara cepat.
Ketiga, Selalu mengembangkan skill dan seni kepemimpinan sehingga bisa mengoptimalkan potensi sumber daya manusia dalam meraih capaian kinerja di satuan kerja masing – masing, dengan mendorong dan membimbing pegawai / staf untuk bisa mengembangkan kemampuannya dalam melaksanakan kerja secara optimal.

Keempat, menciptakan lingkungan dan budaya kerja yang kondusif sehingga setiap pegawai merasa nyaman bekerja, karena keberhasilan dan kesuksesan kerja seorang atasan tidak akan bisa diraih tanpa ada dukungan penuh dari bawahan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar